Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan

Sesuai dengan judul di atas, kali ini kita akan membahas banyak hal tentang e-commerce yang dalam kalangan kita bangsa indonesia di kenal dengan jual-beli online. kita akan membahas beberapa hal penting yakni poin-poin ponting dalam jual-beli online yang mencakup:

  1. Tentang jual-beli online dan keuntungannya.
  2. cara mudah membangun e-commerce.
  3. Pentingnya SEO (search engine optimization) dalam jual-beli online.
  4. Hal-hal penting yang berkaitan dengan SEO.
  5. Tips Jual-beli online aman.
Tentang jual-beli online dan keuntungannya
 Jual-beli online, e-commerce, bisnis online dan masih banyak lagi istilah-istilah berbeda yang sering di gunakan untuk menybut suatu sistem penjualan dengan media internet. Akhir-akhir ini sudah marak di kalangan kita bangsa indonesia melakukan jual-beli secara online. hal itu bisa kita dapati di banyak situs-situs dan jejaring sosial seperti facebook, twitter, blogger, wordpress, dan bahkan banyak juga yang membangun situs sendiri untuk memasarkan produk ataupun jasa yang mereka miliki da banyak dari mereka yang menjual produk sendiri dan banyak juga yang bertindak hanya sebagai perantara dari produk orang lain.

Adapun keuntungannya menurut saya banyak seperti:

  1. bisa di lakukan oleh siapa saja, baik yang memiliki modal besar, sedang, kecil atau bahkan yang tidak memiliki modal sekalipun. sebab dalam jual beli online kita hanya perlu menawarkan info dari produk yang kita tawarkan. seperti gambar, penjelasan produk, harga, dan nomor kontak kita pastinya.
  2. cakupannya sangat luas. sebab sebagaimana kita ketahui, jika kita menjual sebuah produk di toko, maka yang tahu bahwa kita menjual produk tersebut hanya orang-orang di sekitar toko kita. atau bahkan cakupan pemasaran via internet bisa kita katakan jauh lebih luas dari cakupan pemasaran via iklan di televisi. namun, iklan dan pemasaran via iklan di televisi tetap masih lebih ungguk karna beberapa alasan.1. tidak semua orang mempunyai koneksi internet di rumah mereka dan hampir setiap orang mempunyai televisi.
    2. tidak semua orang mengerti cara menggunakan internet. sedangkan televisi hampir semua orang tau cara menggunakannya.
    3. walaupun info yang kita sediakan selalu bisa di akses oleh pencari, tetap saja kalau tidak di cari info tersebut tidak akan tampil dengan sendirinya. berbeda dengan televisi yang selalu menampilkan/mengiklankan info produk tanpa perlu di cari.
    4. resiko penipuan dalam jual-beli di internet masih besar. sedangka di televisi tidak ada resiko sedikitpun. namun banyak situs jual beli yang mengupayakan keamanan keamanan penjual dan pembeli dengan berbagai macam metode. sehingga menciptakan situs jual-beli online aman menyenangkan.
  3. informasi tentang produk selalu bisa di akses oleh pengunjung.
  4. tidak memakan banyak waktu. sebab kita hanya cukup memasang iklan sekali dan selesai. tidak seperti toko yang harus selalu kita jaga. sehingga kita bisa melakukan pekerjaan lainnya setelah itu.

itu adalah sekelumit dari keuntungan jual-beli online dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. walaupun demikian, tetap saja ada kekurangan dari sistem jual-beli online. namun bisa kita cegah jika kita mau berhati.
dan perlu kita ketahui juga bahwasanya banyak dari pemilik-pemilik toko yang mulai menjajaki bisnis online juga di samping mereka mejalankan toko yang mereka kelola. sebab bisnis online tidak memakan banyak waktu.

cara mudah membangun e-commerce

   Banyak situs-situs besar yang menyediakan tempat bagi setiap pengunjung internet untuk membangun situs / blog mereka sendiri. seperti blogger.com, wordpress.com, dan masih banyak lagi lainya. dan banyak juga CMS yang mempermudah kita untuk merancang situs / website geratis kita sendiri. jika kita lebih suka untuk menggunakan CMS maka kita harus mengerti sedikit tentang apa yang di perlukan untuk membuat sebuah website. dan CMS yang lumayan terkenal untuk membangun kios online geratis adalah Joomla.org + virtuemart.net yang bisa kita download dan install sendiri. untuk panduan instalasi silahkan anda cari di google. banyak tutorial yang menjelaskan cara instalasi joomla dan virtuemart. jika ada waktu luang, saya akan menjelaskannya untuk anda. 
Pentingnya SEO (search engine optimization) dalam jual-beli online
  Dari sebagian besar pengguna internet dan situs jual beli. hanya sedikit yang mengerti tentang SEO dan tidak sedikit juga yang sudah mengerti namun masih mengabaikannya. padahal menurut saya SEO adalah kunci terpenting dalam promosi di internet. jika anda masih bingung dengan apa yang di maksud dengan SEO dan apa tujuan / kegunaan dari SEO maka saya akan memberikan sebuah ilustrasi singkat.

Anda ingin mencari sesuatu baik itu barang / jasa melalui mesin telusur google. dan sesuatu yang anda cari misalkan kita anggap saja anda sedang mencari tv toshiba (misalkan). maka anda akan menulis pada kotak pencarian google “tv toshiba” dan muncul banyak artikel dan segala yang berkaitan dengan kata kunci yang anda masukkan tadi “tv toshiba”. bahkan jika anda meperhatikan, hasil yang di tampilkan oleh google mencapai hingga ratusan halaman dengan 10 judul berbeda pada setiap halaman. dan tentu saja anda akan mealas untuk membuka halaman setelah halaman pertama. dan di suatu tempat ada seorang pengguna internet kita sebut saja si JOKO yang ingin menjual “tv toshiba” sesuai dengan yang anda cari dengan harga termurah sedunia dan dia telah memasang iklan di internet. namun karna JOKO tidak mengerti SEO atau mungkin mengabaikannya akhirnya iklannya berada di halam ke 30 judul ke 4 dari google. dan akhirnya iklan yang anda temukan bukan iklan si JOKO karna anda dan kebanyakan orang malas untuk mencari hingga ke halaman di mana iklan si JOKO berada. dan akibatnya walaupun produk yang di jual JOKO harganya termurah sedunia, tetap saja tidak ada orang yang mengetahuinya karna iklannnya tertutup dengan iklan-iklan orang-orang yang menjual produk yang sama namun mereka memperhatikan SEO pada iklan mereka. yang akhirnya menjadikan iklan mereka cepat di temukan oleh pencari seperti anda.

jika anda masih kurang mengerti yang di maksud dengan SEO (search engine optimization) / pengoptimalan mesin pencari, silahkan anda browsing di google tentang SEO.

 
Hal-hal Penting yang berkaitan dengan SEO
  Adapun hal-hal penting yang berkaitan dengan SEO lumayan banyak. dan penjelasan masing-masingnya lumayan panjang dan lebar. sebenarnya saya ingin menuliskannya untuk anda, namun saya rasa lebih baik anda mencarinya sendiri di google.
hehe…
maklum lah…
saya juga tidak punya banyak waktu untuk menjelaskannya dan di samping itu agar anda bisa menjadi insan yang sedikit kreatif. namun saya akan memberikan penjelasan sesingkat-singkatnya dan sisanya bisa anda kembangkan sendiri.hal-hal penting dalam tekhnik SEO secara ringkas.

  1.  nama domine yang sesuai dengan kata kunci yang di incar (ini paling pennting). 
  2. selanjutnya judul website / blog yang sesuai dengan kata kunci yang anda incar. 
  3. judul Artikel yang sesuai dengan kata kunci yang anda incar.
  4. meta tag / kata kunci yang sesuai dengan yang anda incar. biasanya di sebut juga dengan keywords. dan biasa anda temukan di situs-situs iklan geratis dan sejenisnya bahkan di hampir semua situs.
  5. banyak back link. yakni banyak link-link situs yang kembali ke situs anda. sebagai contoh, misalkan anda berkomentar di situs orang lain dan anda meninggalkan link situs anda pada komentar tersebut. jika ada orang yang mengklik ling yang anda tinggal kan pada komentar tersebut maka dia akan langsung menuju ke situs anda dan di situs anda akan tercatat (tidak di semua situs bisa kita lihat) bahwa situs anda telah di kunjungi dari situs bla…bla….bla…. . dan biasanya yang menangani hal ini biasa di sebut dengan program analistik dan tidak di setiap situs memiliknya. cointoh situs yang sudah memiliki program ini adalah blogger. di situ anda bisa melihat dari mana saja situs anda di kunjungi, dengan kata kunci apa saja, berapa kunjungan dalam sehari, sebulan, setahun, atau bahkan dari mulai adanya situs anda di dunia internet. dengan begitu andabisa memantau kinerja situs anda setiap saat. dan google juga telah menyediakan dua produk penting yang perlu anda pelajari yakni webmaster tool / alat webmaster dan google analytics. dan saya sangat menyarankan anda untuk mempelajarinya.
  6. banyak memasang iklan dan link di situs-situs yang menydiakan jasa geratis untuk beriklan. ya maksudnya juga agar banyak backlink dan agar situs anda banyak di kenal orang.
  7. dan terakhir cobalah memahami dan mengamati serta menganalisa sistem klik. anda bingung dengan yang saya maksud…..??
    haha….saya memang sengaja tidak ingin berpanjang lebar dengan trik yang saya sebut dengan sistem klik ini. karna ini adalah senjata pamungkas saya. tapi cobalah anda menggunakan logika anda sendiri mencoba dan mengamati apakah yang akan meningkatkan rating situs anda.

 

Tips jual-beli online aman

  Adapun tips jual beli online aman sebenarnya tidak memiliki metode standard. sebab, bagaimanpun juga kalau anda tidak cermat dan teliti serta berhati-hati anda bisa saja kena tipu. namun ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk upaya keamanan anda dari para penipu seperti:
  1. cermat dalam melihat identitas penjual seperti nama, lokasi tempat tinggal dll.
  2. cermat dalam melihat metode pembayaran dan pengiriman barang. misalnya jika lokasi si penjual dekat dengan anda, maka utamakan untuk melakukan transaksi tatap muka (face to face). dan jika lokasi si penjual jauh maka utamakan untuk menggunakan jasa rekber (rekening bersama). tidak mengerti tentang apa itu rekber….???. silahkan anda cari di google hehe…..:).
  3. utamakan situs-situt jual beli online yang aman dan terpercaya.  mungkin bisa saya contohkan dengan kaskus.

itu hanya sedikit dari tips-tips jual beli online aman yang bisa saya berikan.  karna walau bagaimanapun tetap anda harus berhati-hati dalam transaksi online.

 
yap….
saya rasa hanya sedikit yang bisa saya berikan untuk anda. lebih dan kurangnya saya minta maaf.

by: Ekiosku.com jual beli online aman menyenangkan

Pos ini dipublikasikan di uncatagorized. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar