Mmbuat Text Area

Apa itu text area?.
Text area adalah area atau tempat untuk menyimpan text atau tulisan dengan membentuk area baru. Biasanya text area ini di gunakan untuk menyimpan kode-kode HTML ataupun text lainnya agar bisa di copy oleh para pengunjung.

Untuk membuat text area, silahkan Copy kode di bawah ini :

<p align="center"><textarea name="code" rows="6" cols="20"> INI ADALAH TEMPAT ANDA MENULISKAN TEXT/KODE YANG INGIN ANDA TAMPILKAN DALAM TEXT AREA. TULISAN AKAN DI TAMPILKAN DALAM SEBUAH KOLOM TERSENDIRI ...................
 </textarea></p>

Hasilnya seperti berikut :

INI ADALAH TEMPAT ANDA MENULISKAN TEXT/KODE YANG INGIN ANDA TAMPILKAN DALAM TEXT AREA. TULISAN AKAN DI TAMPILKAN DALAM SEBUAH KOLOM TERSENDIRI ……………….

Keterangan : rows=”6″, menunjukan tinggi dari text area, jadi jika anda menginginkan text area yang tinggi maka silahkan ganti angka ” 6 tadi dengan angka yang lebih tinggi nilainya.

Cols=”20″, menunjukan lebar dari text area. Jika anda menginginkan text area yang lebar maka silahkan ganti angka ” 20 ” tadi dengan angka yang lebih tinggi nilainya.

Text Area plus Tombol HighLight

variasi lain dari membuat text area, yakni text area dengan menggunakan tombol highlight. dengan adanya tombol highlight ini akan memudahkan bagi para pengunjung untuk mengcopy seluruh text ataupun kode-kode yang di berikan, karena dengan hanya sekali tekan saja pada tombol highlight tadi, maka seluruh text ataupun kode-kode yang ada di dalamnya akan di highlight dan tinggal di copy saja. Fasilitas ini sangat berguna tatkala text ataupun kode-kode yang di berikan dalam jumlah yang sangat banyak dan ini akan mengurangi resiko tertinggalnya suatu text ataupun kode-kode untuk di copy. Untuk membuat text area dengan menggunakan highlight ini silahkan anda copy kode HTML di bawah :

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 144px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">simpan tulisan/kode anda di sini, maka tulisan yang anda tulis akan muncul di sini dan siap di copy oleh para pengunjung</textarea></p></div></form>

Sebagai contoh :

function clickIE() { if (document.all) { return false; } } function clickNS(e) { if (document.layers(document.getElementById&&!document.all)) { if (e.which==2e.which==3) { return false; } } } if (document.layers) { document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN); document.onmousedown=clickNS; } else{ document.onmouseup=clickNS; document.oncontextmenu=clickIE; } document.oncontextmenu=new Function(“return false”)

Agar lebih memahami kode di atas, Berikut sedikit uraian. Kode di atas mempunyai dua elemen, 1.elemen kode untuk membuat tombol Highlight All, 2.elemen kode untuk membuat text area.

Elemen tombol highlight All :

  1. <div align=”center”> –> kata center menjdikan posisi tombol berada di tengah, jadi jika ingin posisi tombol berada di tepi kiri, ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, ganti dengan kata right.
  2. <input onclick=”javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()”> –> kode ini artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), jadi anda jangan merubah tulisan ini.
  3. Value=”Highlight All” –> kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika anda ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang anda inginkan seperti Select All dan lainya.

Element text area :

  1. <p align=”center”> –> ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika anda ingin text area anda berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right.
  2. <text style=”WIDTH: 300px”>–>kata “WIDTH:300px” menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 300 pixel, jadi jika anda ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, anda tinggal menggantinya dengan angka yang anda inginkan. misal: “WIDTH:700px;”
  3. HEIGHT: 144px –> angka “144px” menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 144 px, jadi jika anda ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang anda inginkan. Misal : HEIGHT:160px.

Silahkan mencoba….

Pos ini dipublikasikan di blog tutorial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s