Macam Jenis Garis Border Template Blog

Garis (border) merupakan bagian utama dalam design tampilan suatu blog, garis membentuk bagian-bagian dalam suatu tampilan blog untuk memisahkan tujuan dari bagian tersebut, seperti halnya pada bagian post yang terdiri dari judul – isi – dan keterangan, setiap bagian tersebut bisa dipisahkan dengan garis untuk memberi maksud dari tiap bagian tersebut.

Dari beberapa jenis garis border yang familiar dan umum kita jumpai adalah garis DOTTED (garis titik-titik), SOLID (garis lurus), DOUBLE (garis lurus double), selain dari ketiga macam garis border tersebut masih ada beberapa jenis garis yang bisa kita pakai untuk mendesign tampilan blog supaya mempunyai ciri berbeda dengan tampilan lainnya.

Dalam penggunaanya dalam template, garis-garis border tersebut dalam kode css-nya adalah sebagai berikut :

border:2px solid #dedede;

2px menunjukan ketebalan dari garis tersebut, semakin besar angkannya, semakin tebal garis border tersebut, solid menunjukan jenis garis border, sedangkan #dedede merupakan kode warna untuk memberi warna garis border.

Perintah border dalam kode css akan membentuk garis kotak yang didalamnya terdapat objek teks atau bagian template, dengan angka ketebalan border 2px akan menghasilkan ketebalan yang sama pada setiap sisi garisnya. Untuk memberikan ketebalan yang berbeda pada setiap sisi garisnya, kita harus memberi keterangan perintah berbeda pada setiap sisi garis tersebut, seperti border-top untuk garis bagian atas, border-bottom untuk garis bagian bawah, border-left untuk garis bagian kiri dan border-right untuk garis bagian kanan, sebagai ilustrasi dalam penulisan script-nya sebagai berikut :

border-top:2px solid #dedede;
border-bottom:9px dotted #ffffff;
border-left:1px dashed #000000;
border-right:5px double #cccccc;

Kode tersebut diatas menunjukan perbedaan pada setiap sisi-sisinya yang berbeda, baik itu ketebalan garis, jenis garis dan warna garis.

Untuk mengetahui macam jenis garis border, saya ilustrasikan dalam bentuk contoh dengan ukuran ketebalan garis 15px dan warna #72C7F8 untuk mengetahui perbedaan dari jenis-jenis garis border tersebut.

DOTTED
DASHED
SOLID
DOUBLE
GROOVE
RIDGE
INSET
OUTSET

Setelah mengetahui jenis-jenis garis border, kalian bisa lebih menonjolkan garis-garis border tersebut untuk design tampilan blog dan menggabungkan efek transparan pada design tampilannya. Jika belum mengetahui cara Membuat Efek Transparan Pada Warna Background, kalian bisa mengetahuinya dengan meng-klik link tersebut.

Semoga bermanfaat,

http://situseo.blogspot.com/

Pos ini dipublikasikan di blog tutorial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s