Tips menampilkan postingan hanya judulnya saja

Memang, beberapa blogger memilih blognya hanya menampilkan judul posting saja pada halaman depan atau home page. Mungkin dasar pemikiran dari pemilik blog itu sendiri adalah menampilkan hanya judul posting saja dapat menghemat ruang sehingga jumlah post yang ditampilkan bisa lebih banyak pada halaman depan atau beranda. alasan pendukung lainnya mungkin karena judul posting sangat mewakili isi dari posting itu sendiri sehingga dengan menampilkan judul posting di halaman depan lebih memungkinkan artikelnya akan lebih banyak di baca oleh para pengunjungnya.
Berikut contoh blog yang hanya menampilkan judul post nya saja :

judul posting

Agar pada halaman depan hanya menampilkan judul posting saja, berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  • Klik Rancangan

      rancangan

  • Klik menu Edit HTML
  • Memang, beberapa blogger memilih blognya hanya menampilkan judul posting saja pada halaman depan atau home page. Mungkin dasar pemikiran dari pemilik blog itu sendiri adalah menampilkan hanya judul posting saja dapat menghemat ruang sehingga jumlah post yang ditampilkan bisa lebih banyak pada halaman depan atau beranda. alasan pendukung lainnya mungkin karena judul posting sangat mewakili isi dari posting itu sendiri sehingga dengan menampilkan judul posting di halaman depan lebih memungkinkan artikelnya akan lebih banyak di baca oleh para pengunjungnya. Berikut contoh blog yang hanya menampilkan judul post nya saja :

    judul posting
    Agar pada halaman depan hanya menampilkan judul posting saja, berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  • Klik Rancangan 
      rancangan
  • Klik menu Edit HTML.

     edit html

  • Disarankan untuk membuat backup terlebih dahulu, klik pada tulisan Download Template Lengkap.
     backup template
  • Carilah kode ]]></b:skin>
  • Copy kode berikut, lalu paste di bawah kode ]]></b:skin>
    <style type=’text/css’> <b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;item&quot;’> <b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;’> .post-body{display:none;} </b:if> </b:if> </style>
  • Klik tombol SIMPAN TEMPLATE.
  • Selesai. Silahkan lihat hasilnya.

Mudah bukan? namun, dengan memasang kode diatas masih menyisakan beberapa elemen seperti tanggal posting, komentar dan yang lainnya. Jika anda ingin menghilangkan semuanya dan yang tersisa hanya judul post nya saja, mungkin anda bisa menggunakan kode berikut :

<style type=’text/css’> <b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;item&quot;’> <b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;’> .post-body, .post-footer, .jump-link, .post-timestamp, .reaction-buttons, .star-ratings, .post-backlinks, .post-icons, .date-header{display:none;} </b:if> </b:if> </style>

Jika ternyata masih ada elemen tersisa selain judul post, mungkin kode template anda tidak mengikuti standar template blogger. Bagaimana solusinya? anda harus mengenali struktur template anda.
Bagi anda pengguna browser internet firefox, kang Rohman punya tips mudah mengenali struktur template anda yaitu dengan menginstall add-ons Web Developer yang bisa anda download di add-ons for firefox.
Sekarang kang Rohman anggap anda telah menginstall add-ons web developer pada firefox yang anda gunakan. Silahkan buka alamat blog anda ( tentunya yang akan di edit sesuai artikel diatas ). Klik menu Information, kemudian pilih Display Div Order.

div order

Maka secara otomatis akan ditampilkan struktur div dari template anda. Contoh gambar :

 struktur div

Dari gambar tersebut terlihat bahwa tanggal posting serta komentar disimpan dalam elemen div :
.databarleft
.datebarright

Sehingga kode yang digunakan menjadi seperti ini :

<style type=’text/css’> <b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;item&quot;’> <b:if cond=’data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;’> .post-body, .databarleft, .datebarright{display:none;} </b:if> </b:if> </style>

Semoga bisa difahami.
 Update : kode telah di sempurnakan agar tidak konflik dengan static page / static post

Pos ini dipublikasikan di blog tutorial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s